Belajar Otak-Atik HTML di Blogspot

 
Jika kalian ditemukan dengan makhluk yang disebut HTML, yang akan terbayang dibenak kalian pasti adalah serangkaian kode abstrak yang susah dimengerti oleh otak manusia. Yang bahkan jika seorang bayi melihatnya mereka tiba-tiba akan menangis dan merobek celananya sendiri. Mustahil bagi mereka mencampuri hubungan yang sangat intim dari satu baris dengan barisan kode lainnya. Bahkan jika Einstein harus dipaksa turun tangan pun, ia akan botak dunia akhirat. Wow! Seseram itukah?

Bagi pengguna blog, tentu tidak asing dengan kode HTML ini. Apalagi saat mereka mempercantik blog mereka dengan sebuah template. Template blog adalah desain tampilan blog yang terdiri dari kode-kode HTML atau lebih dikenal XML. Dalam setiap penggunaan template, tidak semua bisa kita modifikasi sesuai keinginan kita jika hanya mengeditnya sekedar edit layout atau tata letak pada menu blog. Bahkan, beberapa widget dipasang secara permanen sehingga tidak mudah bagi kalian untuk mengubah atau menghapusnya. Solusi untuk ini tentunya harus kita selesaikan dibagian HTML.

Pastikan kalian siapkan mental untuk mencoba mengotak-atik kode-kode yang luar biasa itu. Satu saja karakter hilang dalam tubuh HTML, maka template tidak akan pernah sukses untuk diubah. Nah, sayangnya karena peringatan inilah kenapa orang-orang suka mengurungkan niat mereka untuk mencoba bermain kode.  So, don't worry be happy.

Sebenarnya untuk mencoba bermain dengan kode HTML itu mudah saja. Sebagai pemula yang tidak memiliki dasar koding, kita tidak perlu terlalu memahami bagaimana susunan kode tersebut dibentuk apalagi menghafal banyaknya kode HTML yang tersusun dalam sebuah template. Maka dari itu yang kalian lakukan hanya cukap mengetahui beberapa hal saja.

Kita andaikan saja author template membuat dua jenis template. yaitu template biasadan template keren. Template biasa tentu menyajikan kemudahan pengguna untuk mengeditnya. Tetapi template keren ada beberapa yang tidak mudah untuk kita edit. Tetapi kita ingin sekali menggunakan template keren itu. Nah, maka gunakanlah sekarang.

Di dalam template ada beberapa widget penting yang sering disajikan pembuatnya. Diantaranya ada menu blog, slider, atribusi, header dan widget lainnya. Namun sayangnya kita tidak jarang menemukan kesulitan dalam memodifikasi widget tersebut. Dan membuat tampilan blog kita belum benar-benar sesuai dengan tema blog kita. Atas dasar itu ayo beranikan diri kalian untuk mulai mengeditnya. Kita mulai dengan membuka halaman pengaturan HTML template pada blog. Tinggal pilih Template, lalu klik tombol Edit HTML.

Jika kandang HTML sudah terlihat jelas dengan isi barisan kodenya, kalian tinggal tentukan apa yang ingin kalian ubah. Misalkan menu blog yang permanennya terdiri dari Home, Features, Templates dan Contact. Menu tersebut ingin kalian ubah menjadi Home blog kalian, About me, MyBook dan Contact.

Sebagai contoh kita akan mengambil menu Home pada menu bawaan template menjadi menu About Me. Umumnya kode HTML untuk mengubah menu di atas selalu terdiri dari kode di bawah ini:
  • Home
         
      Maksud dari kode di atas adalah:

      Menu Home pada blog dengan 3 sub-menu lainnya atau nama lainnya dropdown yang disebut dengan Children 1, Children 2 dan Children 3.

      Untuk mengubah itu tentu kita akan sulit menghafalnya. Cara termudah agar bisa kalian temukan dari ribuan kode di HTML blog yaitu menggunakan fasilitas CTRL+F dimana fungsinya untuk mencari apa yang ingin kita ubah. Karena kalau hanya memanfaatkan scroll saja, mata kalian akan sangat capek untuk menemukan kodenya.

      Oleh karenanya CTRL+F menjadi cara ampuh untuk dapat memulai mengotak-atik script HTML.

      Sayangnya seperti penjelasan di atas pakai cara itupun tidak mudah menemukannya karena kita harus mengetikkan kode-kode tersebut yang belum tentu sekali lihat kita bisa hafal. Cara berikutnya yang harus kita lakukan adalah menentukan sesuatu yang berkaitan dengan menu tersebut. Mungkin lebih tepatnya kata kunci yang akan kita cari dengan cara CTRL+F.

      Karena Menu blog yang akan kita ubah, maka yang terlintas adalah kata 'Menu'. Coba kalian cari kata tersebut dengan CTRL+F. Dan hasilnya pasti sangat banyak! Tentu masih belum mudah bagi kita menemukannya. Nah, agar lebih mudah kalian hanya perlu membuka alamat blog kalian di tab baru dan melihat link atau susunan menunya sesuai yang sudah dijelaskan maksud dari koding menu pada quote di atas.

      Dan yang bisa kita ambil sebagai kata kunci adalah Children 1 sampai dengan 3. Pada kotak HTML jika kalian ingin mengubah menu  Home menjadi About misalnya, maka yang kalian lakukan adalah mencari kata kunci Children 1 atau 2 atau 3 dengan CTRL+F. Yang ketemu pasti hanya 3 untuk kata Children dan angka 1, 2 atau 3 untuk Children 1 sampai dengan 3.

      Dan kalian cukup mengubaha beberapa hal yang seharusnya diubah seperti kata menu Home menjadi About, dan menjadikan sub-menu Children dengan beberapa menu pilihan dari menu About nantinya serta menambahkan link agar menu tersebut berfungsi. Sebagai contoh, kalian bisa mengubah menu di atas menajdi seperti di bawah ini:
    • About


      Perhatikanlah perbedaan dari menu Home sebelum dan setelah kita edit. Apa saja yang berbeda di sana. Apa saja yang kita ubah. Apa saja yang masih tetap ada dan tidak hilang. Dan alhasil, taraaa! Menu About kalian sudah ada di tampilan menu blog. Masih ada beberapa menu bawaan template yang akan kita ubah. Tapi caranya sama hanya 2 langkah yaitu seperti yang sudah dijelaskan yaitu dengan:

      CTRL+F dan kata kunci dari apa yang akan kita ubah.


      2 comments:

      Formulir komentar berada di bawah posting, bisa menggunakan akun Google+, Facebook, dan Email saja, serta jumlah komentar tidak dibatasi