KELEBIHAN TWITTER*

Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Kata twitter secara harfiah berarti 'berkicau'.Situs ini mempunyai konsep blog mikro dalam penggunaannya.Di Indonesia situs jejaring sosial ini mempunyai pengguna aktif yang cukup banyak. Namun apa keunggulan Twitter yang kecil dan sederhana dibanding Facebook yang sudah sangat terkenal itu, sehingga seperti cicak melawan buaya?

Menurut lembaga pemeringkat Alexa, tahun 2009, Twitter berada pada peringkat 50 blog teraktif di seluruh dunia. Pemakai per bulan ada 6 juta orang dengan tingkat kunjungan 55 juta kali. Tingkat pertumbuhan pemakainya mencapai 1.380% per bulan, sementara Facebook tinggal 220%. Sungguh suatu prestasi yang terhitung hebat.

Ada beberapa kelebihan Twitter bila dibanding Facebook. Pertama, Twitter adalah sebuah layanan gratis dan sederhana untuk menyiarkan status singkat melalui Internet. Karena singkat, status Twitter dapat dikirim melalui e-mail, SMS, dan jejaring sosial. Kedua, untuk menuliskan status Twitter, seseorang harus memiliki akun. Namun setelah memiliki akun, untuk menulis status atau tweet dapat melalui banyak program untuk berbagai perangkat, tidak harus melalui twitter.com. Untuk komputer berbasis Windows, ada program Twirl dan MadTwitter. Ada pula Pwytter yang berjalan di berbagai sistem, baik Mac OS, Linux, maupun Windows.

Untuk ponsel berbasis Windows Mobile, ada Twikini, sedang untuk BlackBerry ada TinyTwitter, TwitterBerry, dan sebagainya. Sedang untuk iPhone, ada ThinCloud dan Twitter for iPhone. Bila tidak ada aplikasi khusus untuk ponsel tertentu, dapat langsung masuk ke situs twitter.com.

Ketiga, status Twitter dapat langsung diumumkan ke seluruh pemakai Twitter. Beda dengan status Facebook yang hanya dapat dilihat oleh pengguna yang sudah menjadi teman. Itulah sebabnya kini Twitter banyak dipakai oleh para politisi, perusahaan, bahkan pemerintah (tapi di negara lain lho). Mereka dapat mengumumkan berita-berita penting yang langsung dilihat oleh sesama pemakai Twitter. Untuk dapat melihat status orang atau pihak lain, seseorang harus mencari dulu pemakai Twitter. Siapa saja dapat diikuti, misalnya Presiden AS Barack Obama, artis terkenal Arnold Schwarzeneger dan Demi Moore, NASA, White House, dan sebagainya. Anda tidak perlu disetujui oleh mereka untuk menjadi follower.

Keempat, Twitter juga menyediakan komunikasi langsung ke sesama pengguna Twitter, sehingga tidak terbaca pengguna lainnya.

Kelima, status Twitter dapat dihubungkan dengan aplikasi lain seperti Facebook dan WordPress, sehingga jaringan lebih luas lagi.


sumber: maswing

0 comment:

Formulir komentar berada di bawah posting, bisa menggunakan akun Google+, Facebook, dan Email saja, serta jumlah komentar tidak dibatasi